YM

Selasa, 24 Januari 2012

Minyak Ikan Plus Olahraga Baik Untuk Otot yang Kendur

Seiring bertambah usia maka kekuatan otot juga makin berkurang. Tapi kekuatan otot yang mengendur ini bisa meningkat dengan cara mengonsumsi minyak ikan yang ditambah dengan olahraga secara teratur.

Peneliti menemukan olahraga secara teratur selama 3 bulan bisa membantu meningkatkan otot diantara 45 perempuan sehat yang berusia 60 tahun. Tapi jika partisipan menambah dengan minyak ikan maka keuntungan yang didapat bisa lebih besar.

Minyak ikan kaya akan asam lemak omega 3 yang diketahui baik untuk kesehatan jantung. Tapi ada bukti lain yang menunjukkan minyak ikan bisa meningkatkan fungsi saraf dan kemampuan otot jantung untuk berkontraksi.

"Jadi masuk akal kalau minyak ikan ini juga bisa meningkatkan respons otot terhadap latihan penguatan yang dilakukan," ujar Luiz Claudio Fernandes dari Parana Federal University di Brazil, seperti dikutip dari Health24, Jumat (20/1/2012).

Dalam studi ini 45 perempuan tersebut dibagi menjadi beberapa kelompok yang mana ada perempuan yang hanya mendapatkan latihan seminggu 3 kali selama 3 bulan, tapi kelompok lain melakukan hal yang sama namun ditambah suplemen minyak ikan sebanyak 2 gram per hari.

Diketahui rata-rata semua kelompok mengalami peningkatan kekuatan otot yang diukur dari kontraksi otot kaki partisipan. Tapi perubahan kekuatan ini lebih besar ditemui pada kelompok yang juga mengonsumsi minyak ikan. Hasil studi ini dilaporkan dalam American Journal of Clinical Nutrition.

"Hasil temuan ini terbilang menarik, tapi perlu dilakukan studi lebih lanjut lagi agar diketahui berapa porsi yang tepat untuk hasil maksimal," ujar Dr Catherine Jackson dari California State University di Fresno.

Meski begitu asam lemak omega 3 yang diperoleh sebaiknya didapatkan dari sumber alami makanan. Jika ingin mengonsumsinya dari suplemen sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, karena jika berlebihan bisa menimbulkan efek samping seperti bau mulut, nyeri ulu hati, mual dan diare.

http://www.detikhealth.com/read/2012/01/20/074251/1820603/766/minyak-ikan-plus-olahraga-baik-untuk-otot-yang-kendur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar